Langsung ke konten utama

CONTOH TEKS NARASI

Narasi
Secara sederhana, narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Ketiga unsur berupa kejadian, tokoh, dan konflik merupakan unsur pokok sebuah narasi. Jika ketiga unsur itu bersatu, ketiga unsur itu disebut plot atau alur. Jadi, narasi adalah cerita yang dipaparkan berdasarkan plot atau alur.
Narasi dapat berisi fakta atau fiksi. Narasi yang berisi fakta disebut narasi ekspositoris, sedangkan narasi yang berisi fiksi disebut narasi sugestif. Contoh narasi ekspositoris adalah biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman. Sedangkan contoh narasi sugestif adalah novel, cerpen, cerbung, ataupun cergam.
Pola narasi secara sederhana berbentuk susunan dengan urutan awal – tengah – akhir.


• Awal narasi biasanya berisi pengantar yaitu memperkenalkan suasana dan tokoh. Bagian awal harus dibuat menarik agar dapat mengikat pembaca.

• Bagian tengah merupakan bagian yang memunculkan suatu konflik.Konflik lalu diarahkan menuju klimaks cerita. Setelah konfik timbul dan mencapai klimaks, secara berangsur-angsur cerita akan mereda.


• Akhir cerita yang mereda ini memiliki cara pengungkapan bermacam-macam. Ada yang menceritakannya dengan panjang, ada yang singkat, ada pula yang berusaha menggantungkan akhir cerita dengan mempersilakan pembaca untuk menebaknya sendiri. 
#BERIKUT CONTOH KARANGAN NARASI#
siapa bilang aku tak boleh tidur di siang hari? bagiku langit biru terlalu menyilaukan untuk dinikmati. lebih baik kututup saja mataku dan menyimpannya untuk bulan nanti malam. ya. aku memang jauh dari terang kalau kau ingin tahu. tempatku tinggal hanyalah sebatas bayang-bayang di kakimu. merangkak terus di atas bumi seperti pesakitan kusta yang tak kunjung sembuh, ayah tahu kah kau itu yang aku rasa, aq hanya manusia yang bisa diam dalam gelap setelah kekacauan antara ayah dan ibu, aku tak bisa lagi menikmati kasih,sayang,cinta,lembutnya belaian kalian, sesudah 6 tahun umur ku. sekarang aq menyimpan segudang cinta kasih rindu dan sayang untukmu ayah,,,aq terpisah dengan kakak ku (asista asmila) itu juga karena kalian, tapi tak bisa ku elakkan ini juga sudah takdir Allah, tapi apa tak bisa usaha sebelum takdir itu datang??

atau mungkin  apa ini hanya keegoisan ku saja tanpa memikirkan pa yang sudah terjadi dahulu dan perasaan kalin, namun apa ada kiranya perkiraan BAGAIMANA NANTI, BAGAIMANA KAMI...?? tanpa kasih ayah itu rasanya pahit bagaikan sesuatu yang paling pahit ayah,,,,,,,,!!!!!!!!


 hay teman sebelum kalian semua yang khususnya sama perasaan yang seperti kami rasakan,,,apa salah ? saya perkenalkan diri? siapa tahu kita semua bisa mencari solusi atas pa yang sudah terjadi, menurut perkiraan saya selain takdir Allah ini jg ada unsur pnybab dr kita sebagai manusia lemah tnpa daya dari sang kuasa,,,,

Nama saya Asista Asmila friends
saya punya 2 orang adik Rahma ningsi (cewek) satunya lagi namanya Pocay Expellu nah yang satu nie cowok,,,anaknya tampak girang dan periang loe,,tidak seperti adik saya yang satunya, lebih banyak diam dan terus berpikir akan kasih sayang yang hilang,,(ayah ibu kmi pisah) /takdir/sebab/prilaku/ atau apa yg membuat itu terjadi kami juga tak tahu pasti. saya berumur 6 th kejadian itu bermula. maklum saya anak pertama jadi sayalah yang harus mendorongnya untuk bersemangat,,,,,terkadang saya juga lemah ikut2an merasa lemah, tapi saya pikir itu tidak layak dan mungkin tak pantas karena siapa lagi yang harus membangun semangat dan menciptakan motivasi untuk adik2 saya, kalau saya juga ikut2n lemas, masa bodoh saja ah sama semua itu, yang terpenting bagaimana saya dan adik2 saya bisa sejahtera n bahagia, meski hanya 1/4 kasih yang kami dapat dari keseluruhan nya...
Apa teman2 juga merasakan apa yang saya rasakan? saya merasa sangat2 di sayangkan dalam usia mudah ayah dan ibu harus berpisah,,meski dalam usia tua brpisah itupun juga disyangkan sie, tapi saya dan adik2 begitu tertekan akan keadaan ini, kami seakan seperti pribaha mengatakan Putus benang boleh dihubung, putus arang bercerai lalu. wah panas rasanya sedih terasa bila ingat semua itu,
   sebenarnya kami sayang ibu dan juga ayah2 kami*

ohya friends mau berbagi juga dan memperkenalkan sedikit siapa ayah dan ibu saya, mereka orang yang sangat kami sayang,,sayang-sayang itulah ilak bercerai dengan benang, tentu kalian tahukan maksud saya..., saya harap kalian bisa memandang permasalahn saya seperti sudut pandang saya pada maslh ini, dan kalian dapat memberi saran, jalan keluar dari tersurainya kami.
Ayah saya seorang Farmer n ibu saya seorang petty traders.
Nama ayah : Rozali / sering disapa itu nama beliau adalah alid
TeTaLa       : Lubukngin,20n07n1977
Alamat       : Dusun 1 Lubukngin baru
Kec           : Selangit,,tahu gak ya kira2 tman semua alamtnya?...''selangit"
Ibu saya Rusmala Yanti biasa beliau disapa Cak Rus "
TeTaLa       : Batu Gajah, 13n08n1975
Alamat       : Desa Batu Gajah
Kecamatan : Rupit"

yang jelas sekarang saya merasa tidak kuat jika harus menceritakan semuanya, saya sedih,,,
ayah..? ibu..?
Ayah… Ibu…
Atas kehendakNya melalui engkaulah diriku yang lemah ini mulai melihat dunia. Si kecil yang masih merah dan lemah engkau rawat dengan penuh kasih sayang. Semua hal terbaik dicurahkan sepenuh hati.
Kau timang dengan senyum, kau  temani sepanjang waktu, kau isi waktunya dengan hal penuh manfaat.
Saat ku lapar dan haus, engkau kan menyuapiku makan dan minum
Saat dingin menerpa,  kau hangatkan suasana penuh keceriaan
Saat ku menangis, engkau kan menenangkanku dalam dekapmu
Tak ayal kenyamanan dan kehangatan keluarga inti tercipta sempurna
Ketika ku mulai belajar merangkak, engkau dengan sabar menjaga
Ketika ku mulai belajar berbicara, engkau dengan sabar mengenalkan bahasa tutur kata
Ketika ku mulai berjalan, engkau dengan sabar mengawasi dan memotivasi serta menolong ketika jatuh

Sering ananda merepotkan dengan kenakalan khas anak kecil. Namun dengan penuh rasa kebapakkan dan keibuan engkau tetap sayang dan menasihatiku dengan sikap dan tutur kata yang bijaksana. Memang saat itu ananda kurang begitu paham, namun seiring berjalannya waktu kupahami semua itu. Dulu merasa terpaksa kala diminta belajar, namun sekarang kau jadikanku haus akan ilmu. Dulu enggan ketika diminta beribadah, namun kau jadikanku paham kewajiban utama itu sangatlah penting. Dan alhamdulillah kudapatkan nikmat anugerah terindah pemahaman din yang lurus sesuai manhaj generasi terbaik. Nikmat yang ananda sangat ingin kenyam bersama kalian berdua.
Ayah… Ibu…
Atas jasa-jasamu aku menjadi pribadi yang ada saat ini. Ketidaktahuan engkau ubah menjadi berpengetahuan. Kelemahan engkau ubah menjadi kekuatan untuk lebih baik. Kekanakan engkau ubah menjadi kedewasaan.
namun sekarang, setelah semua itu kudapatkan, kalian mala berbalik melakukan hal yang tak pernah kalian ajarkan kpda kami, yaitu berpisah dalam damainya kami,,,karena pengajaran kalin , hingga alhmdulillha saya bisa menanggapi peristiwa ini dengan tegar dalam kegoyahan, tenang dalam kegoncangan,,,
ayah,ibu sungguh kami menyayangi kalian, indah terasa bila kita bersama lagi,,,tapi* 

Komentar

Anonim mengatakan…
THANKS GAN, BERMANFAAT
cekgumc mengatakan…
Terima kasih partisipasi nya,saya sngt mengharapkan kritik yang membangun demi pembenahan blog sederhana ini.

Postingan populer dari blog ini

TEMA 8. BUMIKU

     (SD IT MC LUBUKLINGGAU) Kompetensi Dasar: 3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya           gerhanaBulan dan gerhana Matahari. Indikator: Menjelaskan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya. Melakukan percobaan untuk membuktikan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya Tujuan Pembelajaran : Setelah kegiatan percobaan, siswa mampu menjelaskan konsep rotasi Bumi dan akibatnya dengan benar. Setelah kegiatan percobaan, siswa mampu membuktikan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya dengan benar.  Apersepsi dan Motivasi: A. ROTASI BUMI       Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Bumi berputar dari Barat ke Timur. Bumi memerlukan waktu 24 jam untuk satu kali berotasi. AGAR KALIAN LEBIH MEMAHAMINYA Let's look at the following simulation tentang rotasi bumi B. AKIBAT / DAMPAK ROTASI BUMI 1. Terjadinya siang dan malam       Amatilah gambar tentang rotasi Bu

MAKALAH TENTANG SISTEM TATA SURYA

KATA PENGANTAR Puji syukur senantiasa kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. karena atas  segala rahmat, petunjuk, dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini untuk memenuhi tugas Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA). Makalah ini dapat digunakan sebagai wahan untuk menambah pengetahuan, sebagai teman belajar, dan sebagai referensi tambahan dalam belajar Tata Surya. Makalah ini dibuat sedemikian rupa agar pembaca dapat dengan mudah mempelajari dan memahami Tata Surya  secara lebih lanjut. Makalah ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga pembaca tidak bosan. Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada semua yang telah membantu dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan menyelesaikan penulisan makalah ini. Segala upaya telah dilakukan untuk menyempurnakan makalah ini, namun tidak mustahil apabila dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang dapat dijadikan masukan dalam

MAKALAH TENTANG AGAMA DAN MANUSIA.

KATA PENGANTAR Puji syukur senantiasa kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. karena atas  segala rahmat, petunjuk, dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini untuk memenuhi tugas Pendidikan dan Agama (PAI). Makalah ini dapat digunakan sebagai wahan untuk menambah pengetahuan, sebagai teman belajar, dan sebagai referensi tambahan dalam belajar Materi Manusia dan Agama. Makalah ini dibuat sedemikian rupa agar pembaca dapat dengan mudah mempelajari dan memahami tentang materi agama dan manusia secara lebih lanjut. Makalah ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga pembaca tidak bosan. Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada semua yang telah membantu dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan menyelesaikan penulisan makalah ini. Segala upaya telah dilakukan untuk menyempurnakan makalah ini, namun tidak mustahil apabila dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang dapat dijad